IBX59EBBEBF99E27 Inilah 12 Bakteri Jenis Baru yang Dirilis WHO - CLAK.info - CLAK.info

Inilah 12 Bakteri Jenis Baru yang Dirilis WHO

Salah satu bagian organisasi dari Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB yakni World Health Organization (WHO) belum lama ini mengumumkan setidaknya ada 12 nama bakteri baru yang dapat menjadi pemicu gangguang kesehatan bagi manusia. Dimana yang mendasari diumumkannya nama bakteri tersebut adalah karena tingkat resistensinya terhadap zat antibiotik yang telah dikeluarkan atau ada hingga saat ini.

Tidak cukup sampai disitu, bakteri yang dimaksud juga mampu menimbulkan membesarknya resiko penyakit kanker yang diidap oleh manusia. Dimana ke 12 nama bakteri baru tersebut tidak hanya tahan terhadap antibiotik saja, namun mereka mampu bereaksi menularkan resistensi mereka pada obat antibiotik tersebut kepada bakteri lain yang sebelumnya tidak resisten.

Hal ini jelas akan sangat berbahaya mengingat jika bakteri tersebut tahan terhadap antibiotik, maka dipastikan beberapa jenis atau prosedur penyembuhan pun akan tidak berfungsi dengan baik. Sebut saja diantaranya adalah operasi transplantasi organ tubuh manusia, kemoterapi dan juga penggantian sendi manusia.

Pada kondisi tersebut, jika antibiotik tidak mampu mematikan bakteri, maka dikhawatirkan bahwa luka yang dihasilkan akan semakin parah, kemudian proses kesembuhan pun akan jadi semakin lama, hingga terjadinya infeksi.

Jika hal ini di derita oleh manusia, dikhawatirkan akan bermunculan jenis penyakit baru yang lain. Sebut saja sebagai contoh adalah salmonela yang bisa menyebabkan manusia bisa keracunan terhadap makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, juga ada penyakit kelamin yang bernama gonore.

Apa saja nama ke 12 bakteri baru yang dirilis WHO tersebut? Berikut daftarnya seperti mengutip dari laman The Guardian :

Bakteri prioritas tinggi
– Enterococcus faecium, vancomycin-resistant.
– Staphylococcus aureus, methicillin-resistant, vancomycin-intermediate and resistant.
– Helicobacter pylori, clarithromycin-resistant.
– Bebeeapa spesies Campylobacter, fluoroquinolone-resistant.
– Salmonella, fluoroquinolone-resistant.
– Neisseria gonorrhoeae, cephalosporin resistant, fluoroquinolone-resistant.

Setidaknya dengan adanya bakteri terbaru ini maka dipastikan para ilmuwan pun harus lebih giat lagi dalam menemukan obat antibiotik yang mampu memecahkan atau menghadapi jenis bakteri baru tersebut.

Inilah 12 Bakteri Jenis Baru yang Dirilis WHO | Laras Sate | 4.5