IBX59EBBEBF99E27 Innalillahi, Manusia Tertua di Dunia, Mbah Gotho Meninggal di Usia 146 Tahun - CLAK.info - CLAK.info

Innalillahi, Manusia Tertua di Dunia, Mbah Gotho Meninggal di Usia 146 Tahun

Manusia tertua di dunia yakni Mbah Gotho akhirnya meninggal di usia ke 146 tahun pada Minggu 30 April 2017 kemaren. Sebelum meninggal, warga Dukuh Segaran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ini sempat di rawat di RSUD Dokter Soehadi Prijonegoro, Sragen karena mengalami penurunan kondisi kesehatan.

Mbah Gotho sendiri sudah mengalami sakit sejak pertengahan April 2017 kemaren. Kondisi yang semakin memburuk akhirnya, pihak keluarga pun akhirnya memutuskan untuk membawanya ke Puskesmas setempat.

“Simbah mengeluh enggak enak badan, minta dikerokin,” kisah cucu Mbah Gotho, Suryanto.

Kekurangan fasilitas kesehatan di Puskesmas, membuat pihak Puskesmas akhirnya memutuskan untuk merujuk Mbah Gotho ke RSUD Sragen untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif lagi. Mbah Gotho pun merasa tidak punya semangat lagi dan ingin segera pulang karena tidak betah. Dirinya sempat berujar kalau hidup dan matinya hanya dilakukan di rumahnya saja.

“Simbah bilang kalau hidup matinya ya di rumah,” kisah Suryanto.

Setelah berunding, pihak keluarga pun akhirnya membawa pulang mbah Gotho pada tanggal 18 April 2017 dan melakukan rawat jalan di rumah. Rupanya memang simbah sudah merasakan bahwa ajal beliau semakin dekat. Dirinya pun ingin pulang dan menikmati masa-masa terakhirnya di rumah yang selama ratusan tahun iya telah tempati tersebut.

Akhirnya, Minggu 30 April 2017, sang manusia tertua itu pun akhirnya menghadap sang pencipta. Dari catatan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sragen, Sodimejo. Mbah Gotho terlahir pada 31 Desember 1870. Alhasil dapat diketahui bahwa beliau lahir pada usia ke 146 tahun. Semoga Amal Ibadahnya diterima oleh Sang Pencipta.

Innalillahi, Manusia Tertua di Dunia, Mbah Gotho Meninggal di Usia 146 Tahun | Laras Sate | 4.5