IBX59EBBEBF99E27 Simpan Ponsel di Jok Motor Bisa Kena Pasal Pidana Lho - CLAK.info - CLAK.info

Simpan Ponsel di Jok Motor Bisa Kena Pasal Pidana Lho

Belakangan muncul kabar hoax yang menyebutkan adanya sepeda motor yang meledak akibat penggunanya tidak khawatir dan meletakkan smartphone mereka di dalam jok kendaraan tersebut. Sehubungan dengan merebaknya kabar tersebut, akhirnya pihak lembaga Masyarakat Transportasi Indonesia pun memberikan respon.

Djoko Setijowarno yang merupakan anggota MTI menyebutkan bahwa meletakkan benda berbahaya termasuk ponsel di dalam jok kendaraan merupakan salah satu hal yang dilarang. Hal ini tak lain karena akibat dari hal tersebut bisa membahayakan proses berkendara di jalan raya.

Dimana para pelakunya pun diancam dengan pasal 58 UU 22/2009 tentang lalu lintas.  Oleh karena itulah jika memang ada yang melakukannya, maka mereka pun sudah melanggar hukum dan aturan berlalu lintas serta angkutan jalan.

“Bunyi pasal tersebut adalah: setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas,” ungkap Djoko seperti dilansir lamanVIVA.co.id.

Adapun sanksi atas pelanggaran yang dilakukan tersebut pun dimuat dalam pasal 279 UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Dimana mereka diancam dengan kurungan maksimal 2 bulan dan juga denda sebesar Rp, 500 ribu.

Oleh karena itu, hindarilah meletakkan ponsel pada jok kendaraan demi kelancaran dan keselamatan anda dalam berkendara.

Simpan Ponsel di Jok Motor Bisa Kena Pasal Pidana Lho | Laras Sate | 4.5