IBX5906EC702971B Tips Menata Tempat dan Cara Tidur Menurut Nabi Muhammad - CLAK.info - CLAK.info

Tips Menata Tempat dan Cara Tidur Menurut Nabi Muhammad

Adab dan perilaku manusia memang banyak sekali di atur dalam agama Islam. Bukan untuk membatasi, akan tetapi untuk membuat hidup dan kehidupan manusia jadi lebih bermakna dan memiliki nilai. Sebut saja adab ketika hendak berangkat tidur. Dimana cara baik untuk tidur sendiri dipraktikkan dan dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW mengenai bagaimana cara terbaiknya. Dimana menurut para ahli, tidur sesuai dengan cara yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW jauh lebih sehat dengan cara tidur biasa yang bisa dibilang asal-asalan dan juga dapat menghindarkan kita dari masalah yang lebih buruk.

Mengenai adab bagaimana kita hendak tidur itu sendiri meliputi segala aspek. Mulai dari sebut saja kebersihan tempat tidur, letak hingga posisi kita ketika hendak tidur. Kemudian juga ada doa yang disunnah kan dibaca ketika hendak dan selepas tidur. Sebut saja mengenai bagaimana Rasulullah mengajarkan mengenai bagaimana cara agar tempat tidur kita bisa lebih bersih, yakni dengan mengibaskan potongan kain ke alas tempat dimana kita akan tidur nantinya.

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘Bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari : 6320, Muslim : 2714, At-Tirmidzi : 3401 dan Abu Dawud : 5050).

Dimana mengibaskan kain ini tak hanya bermanfaat untuk membersihkan tempat tidur kita saja, akan tetapi juga akan melindungi kita dari gangguan yang bersifat gaib. Hal ini dikarenakan bisa jadi, tempat dimana nantinya kita akan merebahkan diri tersebut sudah dipakai oleh jin sebelumnya pada saat kita tidak berada disana. Akan tetapi, jangan pernah takut dengan jin, dimana ketika kita mengucapkan Basmallah, maka mereka pun akan segera menjauh dan tak akan kembali mengganggu.

Setelah mengibaskan kain tadi, kita juga disunnahkan untuk tidur dalam keadaan gelap dengan cara mematikan lampu yang sebelumnya menyala. Tidak hanya itu, pintu, tempat makan dan lain sebagainya juga harus telah dimatikan dan ditutup dengan rapat. Sebelumnya anda juga disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Kemudian dianjurkan untuk tidur mengarah ke kiblat dan dengan posisi miring ke sebelah kanan. Posisi ini sendiri adalah posisi dimana biasanya mayat dalam ajaran Islam diletakkan di dalam kubur. Karena tidur sendiri adalah bentuk kematian sementara manusia.

“Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman.”(HR Bukhari-Muslim).

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu, bagaimana gambaran Rasulullah ketika sedang berbaring? Dari laman Okezone.com disebutkan bahwa ketika berbaring, Rasulullah meletakkan tangan kanan di pipi kanan beliau. Namun apabila sudah terlelap dan tidak sadar poisisi tersebut sudah berubah tentu hal ini bukan menjadi sebuah permasalahan. Kemudian sebelum tidur ada baiknya untuk berdoa terlebih dahulu dan juga membaca surah pendek antara lain seperti Al Ikhlas, An Naas, dan Al Falaq yang dimulai dengan surah Al Fatihah.

Tips Menata Tempat dan Cara Tidur Menurut Nabi Muhammad | Laras Sate | 4.5